Sebuah Jurnal

Ngapain Dulu Setelah Tiba di Siem Reap?

menuju arrival hall Siem Reap International Airport.
Hati- hati saat mengambil gambar dari area landasan.
Siem Reap awalnya tidak masuk ke dalam itinerary liburan saya. Hanya Ho Chi Minh dan Hanoi. Baru saat Papa saya mengusulkan liburan ke Kamboja juga, saya menyisipkan agenda ke Siem Reap. Setelah menyusun rencana penerbangan – yang berganti- ganti antara ke Vietnam duluan atau ke Siem Reap – diputuskanlah kami liburan ke Siem Reap duluan. Yeii, nggak sabar pengin ke Angkor Wat dan sekitarnya.


Hari yang ditunggu- tunggu tiba. Pada hari terakhir di bulan September, kami bertolak ke Siem Reap menumpang si merah. Transitnya pilih di Kuala Lumpur saja biar irit. He he. Rencananya setelah mendarat mau jajan di Jaya Grocer dulu, tapi karena antrean imigrasinya panjang banget, ditambah flight kami molor setengah jam-an, jadilah kami balik lagi ke dalam.

Setelah penerbangan dan transit yang lumayan memakan waktu, kami tiba di Siem Reap International Airport. Lalu apa yang harus dilakukan setelah tiba?

Arrival hall. Bayon sudah menyambut dari kejauhan :)
Di sebelah kiri gerbang kedatangan, sebelum konter imigrasi, ada petugas yang menyediakan formulir kedatangan dan keberangkatan. Bagi pengunjung yang diwajibkan mengurus visa, bisa diurus di konter sebelah kanan gerbang kedatangan terlebih dahulu. Pengunjung dengan paspor negara ASEAN bebas visa, jadi tinggal mengisi Arrival/Departure Card. Formulirnya didapat dari petugas yang berjaga di sebelah kiri gerbang kedatangan. Formulirnya terdiri dari sisi kiri dan kanan. Kolom- kolomnya hampir sama. Diisi saja keduanya. Baru setelah itu antre lagi untuk cap paspor. Bagian departure-nya itu akan dikembalikan dan distaples di paspor kita.

Ini dia form yang wajib diisi biar kita nggak bolak balik konter imigrasi ^^

Waktu masuk ke arrival hall-nya, saya dan Papa tidak tahu kalau kami harus mengisi Arrival/Departure Card. Pantas saja semua orang sibuk menulis. Saya kira itu untuk mengurus VOA. Ternyata saat giliran saya, petugas imigrasi meminta formulir itu. Baru deh tahu kalau semua pengunjung wajib mengisi Arrival/Departure Card.

Ready to go XD

Paspor telah dicap, tuktuk driver sudah menunggu, petualangan kami siap dimulai. Nantikan di postingan selanjutnya ya  J

Be First to Post Comment !
Post a Comment