Sebuah Jurnal

Transportasi ke Genting yang Anti Ribet :)


Genting Highland merupakan salah satu primadona di negara Malaysia. Jika teman- teman berkunjung ke Kuala Lumpur, tidak ada salahnya singgah ke Genting dan menginap barang satu atau dua malam di sana. Kini, hadir Sky Avenue, sebuah mall yang berada tepat di sebelah First World Hotel, jalan kaki dari lobi langsung tembus ke Sky Avenue. Selain terkenal kasinonya, kuliner di Genting juga beragam sehingga para pengunjung bisa memanjakan lidah di sini. Mulai dari kuliner khas Timur hingga Barat ada di sini, dari yang ringan hingga yang mengenyangkan perut. Kalau favorit saya, churros dan hazelnut tart-nya.

SKy Avenue di Genting. 
Perjalanan ke Genting memakan waktu satu jam dari Kuala Lumpur. Akomodasi ke sana juga nggak ribet. Teman- teman bisa pilih beberapa opsi, tergantung nyamannya bagaimana. Saat saya dan Mama saya tiba di KLIA 2, ramainya bukan main. Long weekend, jadi harap maklum. Antrean cap paspor di imigrasi membludak. Belum lagi turis- turis yang main serobot dan potong. Duh. Satu jam lebih kami menunggu. Tiket bus ke Genting juga belum terbeli. >__< *curhat traveler*
Tiket dari KLIA2 menuju KL Sentral @RM 12.00
Setelah urusan cap- cap selesai, kami turun dan langsung membeli tiket bus ke KL Sentral. Harga tiketnya RM 12. Bus pun berangkat sesuai waktu yang telah ditentukan. Sayangnya, ketika sampai di KL Sentral, tiket bus ke Genting sold out. Gawat, padahal Papa saya sudah menunggu di sana. Lalu gimana dong? Tenang, banyak jalan menuju Roma Genting. Kami akhirnya bertolak ke Pudu Sentral (naik Rapid dari depan Nu Sentral) dan naik taksi dari sana karena counter Go Genting sudah tutup dengan cantiknya –  tiketnya sudah habis. Berikut ini jenis- jenis transportasi dan harganya menuju ke Genting :

1.  Bus Go Genting – Awana Skyway

Bus Go Genting


Loket bus Go Genting terdapat di KL Sentral dan Pudu Sentral. Bus akan mengantar penumpang sampai ke Awana Station kemudian penumpang bisa melanjutkan perjalanan dengan Skyway (kereta gantung). Seru juga saat naik Skyway, bisa melihat pegunungan yang hijau dan lokasi pembangunan theme park. Keluar dari Skyway sudah langsung sampai di Sky Avenue. Bagi wanita, hati- hati karena ada butik- butik, seperti Padini dan Vinci yang menggoda mata dan kantong.

jadwal keberangkatan bus
tiket bus
Harga tiket bus : RM 4.30 per orang sekali jalan (berangkat dari dan ke KL Sentral)
                             RM 4.60 per orang sekali jalan (berangkat dari Pudu Sentral)
Harga tiket Skyway   : RM 8.00 per orang sekali jalan (tiket hanya bisa dibeli di
  Awana Station)
Siap- siap naik Skyway ^^


2. Taksi
Pudu Sentral sekarang. Sumber gambar di sini
Taksi yang khusus membawa penumpang ke Genting ini bisa dijumpai di Pudu Sentral. Pesan Papa saya, naiklah taksi resmi yang mangkal di sana. Di bagian basement, ada pangkalan taksi yang sudah tertera harganya, RM25 per orang. Waktu itu kami bertemu dengan sepasang ibu dan anak yang kebetulan mau berangkat ke Genting, jadi share biaya taksinya yang dihitung RM 90 oleh uncle yang baik hati. Uncle-nya juga ramah dan enak diajak ngobrol jadi nggak bete waktu di mobil (bagi teman- teman yang mau kontaknya untuk keperluan ke Genting ataupun jalan- jalan keliling KL, boleh pm ke saya ya).

Teman- teman yang sudah sempat naik ke lantai dua terminal, platform taksi ada di P19 yo 
Enaknya naik taksi, uncle akan langsung mengantar kita ke hotel tujuan, jadi tidak perlu naik Skyway lagi. Baru kali itu saya naik taksi, jadi berasa jauh banget. Belum lagi hujan dan kabut yang menghalangi pandangan.

3. Taksi online (Grab atau Uber)
Taksi online bisa merupakan alternatif terakhir pilihan kami. Waktu itu saya coba, harganya lebih mahal ketimbang naik taksi di pangkalan. Harganya berkisar RM 110- RM 115.
Nah, gampang kan kalau mau jalan- jalan ke Genting? Saya pribadi menyarankan kalau teman- teman berangkatnya di hari libur, lebih baik agenda ke Gentingnya dibuat di hari kedua di Kuala Lumpur agar bisa membeli tiket bus ke sana, kecuali kalau memang mau naik taksi langsung ke sana. Kemudian, beli tiket bus PP karena di hari libur atau akhir pekan, tiket sangat cepat habis.
Kalau tiket Skyway bisa dibeli saat hari H karena banyak sekali Skyway yang beroperasi dan selalu ada hampir di setiap waktu. Selain itu, teman- teman yang mau berkunjung ke Chinswee Temple juga bisa melalui Skyway lho. Ada stasiun pemberhentiannya, tapi sepi. Mungkin pengunjung lebih senang naik shuttle bus yang tersedia di lobi First World Hotel.

Teman- teman yang mau melanjutkan perjalanan ke Singapura juga bisa naik bus dari Awana Station ini. Semoga informasi ini dapat membantu teman- teman yang berencana ke Genting ya. Informasi lainnya akan saya share di postingan terpisah ya. Enjoy ^^



Tempat main seru lainnya di Malaysia :
Putrajaya

Long Weekend di Melaka - Bahagian Satu
Long Weekend di Melaka - Bahagian Dua
Long Weekend di Melaka - Bahagian Tiga
Long Weekend di Melaka - Bahagian Empat


Update tambahan: Kalau teman- teman sudah sampai di bandara dan sudah bosan main di Getaway KLIA2, boleh coba main ke Mitsui Outlet Park KLIA Sepang dengan menggunakan jasa free shuttle.

Info buat teman- teman yang transit dan kejauhan kalau ke Genting, boleh coba juga Skybox yang ada di KL Tower tapi kalau rempong dengan bawaan, titip saja bawaannya di KLIA2 Luggage Storage ^^
21 comments on "Transportasi ke Genting yang Anti Ribet :)"
  1. Replies
    1. Thank you udah mampir dan baca ya..semoga informasinya membantu ^^

      Delete
  2. Replies
    1. Halo, utk contact boleh hubungi uncleya ya dengan Raymund +60123996138

      Delete
    2. Hi ertalin, kalau dari Genting balik lagi ke daerah PUDU SENTRAL bisa naik Bus dari mana ? atau transportasi lain selain bus yang murah apalagi. Mohon dijelaskan..

      kalau bisa saya minta ig nya supaya bisa nanya2 karena akhir bulan ini saya ada rencana kesana

      Terima kasih

      Delete
    3. Halo, Hadi. Kalau mau balik ke Pudu, dari Awana Station ya. Dari First Hotel Plaza naik skyway ke station. Selain itu, bisa juga naik taksi ke kota.IG @gelembungcerita . thank you. Semoga informasinya membantu :)

      Delete
  3. saya mau tanya min, ada link untuk beli tiket bus ke kl sentral dan ke awana tidak? mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo untuk linknya tidak ada bang,karena tiketnya langsung dibeli pas kita sampai sana. Tiket ke KL Sentral dari bandara tersedia hampir setiap waktu. Tinggal nyari tiket ke Genting saja ke Genting Skyway Station :)

      Delete
  4. Haii ertalin

    Saya rencana mau ke Genting weekend besok, tapi saya bawa papa yang menggunakan kursi roda.
    Any recommendation untuk transport? jika saya naik taksi ke genting apa nanti untuk naik cable car nya memungkinkan?
    Thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Winda. Maaf balasnya agak lama. Bisa, naik taksi saja. Kalau naik taksi, diantar sampe di depan hotel jadi nggak perlu naik skyway lagi. Selamat berlibur juga ya btw :)

      Delete
  5. hy sis mau tanya jadi kalau beli tiket di station pudu ke genting, brarti naek bus nya dari st pudu juga ya?

    ReplyDelete
  6. Halo sis..iya bener. Jadi berangkatnya dari stasiun Pudu (skrg UTC)

    ReplyDelete
  7. Hallo kak salam kenal..
    Saya sudah pesan tiket untuk tgl 5 des - 11 des 2018 ke KL. Sampai KLIA2 pukul 09:00 , saya kan seminggu di kl memang sengaja ingin explore KL gk hanya di kota saja. Saya ingin ke malacca , genting highlands dan kota KL. Sebaiknya saya menginap 1hr dulu di kota atau dr KLIA2 langsung ke genting highlands naik skyway terus balik ke kota hari itu juga ke malaka ? Atau saya menginap di genting semalam,
    Saya rencananya naik bus. Sebaiknya pemesanan online atau beli di counternya langsung pd hari H di bandara. Saya masih bingung,
    Dari genting nanti beli tiket bus lg ke malaka gitu..
    Ada recommend harga hotel murah tp kualitas tidak murahan gak kak ? Untuk di malaka dan kota.
    Terima kasih kak informasi diatas

    ReplyDelete
  8. Hai Reka. Salam kenal juga ya. Melihat jadwal kamu, saya rekomennya sih Genting-Melaka-KL. Mengapa? Karena Melaka ramainya (Jonker Street) pas weekend. Mengenai hotel di Melaka, waktu itu kami sempat menginap di Hotel Hong dan Comfort Two Hotel. Saya ada review dua2nya dan bisa dibaca di postingan saya pas long weekend di Melaka.

    Kalau menginap di Genting tergantung masing2 traveller ya. jika ada rencana ingin explore dan santai, saran saya menginap satu malam oke juga. hehe. Tiket bus bisa dibeli sesampainya di bandara. Kalau nggak jumpa weekend, biasa sih tiket masih ada kalo pagi. nanti sesampainya mbak di Awana Skyway Station, sekalian saja beli tiket bus turun ke KL atau kalau mau ke Melaka bisa naik bus dari depan Starbucks di First World (yg ini coba diupdate lagi ya. Saya belom pernah coba langsung soalnya)

    Semoga informasinya membantu ya mbak. Selamat liburan :D

    ReplyDelete
  9. Hy sis..mau tanya..saya masi bingung nih kalo dr KL SENTRAL mau ke genting n chin swee temple itu harus naek skyway 2x kah untuk balek ke KL sentral??maksudq skyway nya PP gt??

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo sis. Dari KL Sentral naik bus dulu sampai ke Awana Station. Baru sis kalo mau drop ke Chin Swee bisa. Jadi tiket skywaynya itu untuk lsg ke Genting cuma ada lewat Chin Swee dan sis bisa turun di sana. habis main dari Chin Swee, boleh nunggu Skyway lagi untuk ke Genting. Semoga membantu ya infonya. Sorry for late reply :(

      Delete
  10. Hai sis sy mau tanya sy ada rencana mau ke KL sy pingin tau recommed hotel yg bersih,apik dan murah di daerah bukit bintang yg gak jauh dr mall dan tempat makan makasih seblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo sis. Tergantung sis budgetnya mau berapaan. Kalau saya pribadi, lebih sering transit aja di KL kalo nggak ganti2 daerah menginap. Di Bukit Bintang kebetulan waktu itu nginapnya di Greenland (pas kesana lagi uda tutup). Dapet rekomendasi Sky Hotel dan Nova Hotel juga lumayan ramah di kantong. Dua2nya di daerah Bukit Bintang. Semoga membantu :)

      Delete
  11. Hai sis.. boleh tanya ya.. saya mau ke KL minggu siang naik Air Asia berangkat jam 13 45 dan balik hari Rabu malam..planningnya sih mau ke genting and Melaka.boleh rekomen schedule yang enak ga ? Saya bawa 2 anak..thanks before ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai sis. Boleh banget. Melaka lebih ramenya pas weekend dimana Jonker Walk juga buka. Tapi karena jadwal sis pas di Minggu- Rabu gapapa juga kalau mau eksplor ke tempat wisata bersejarah dan eksplor kulinernya (di blog saya ada postingan terpisahnya). Menurut saya sih lebih baik sis ke Genting dulu baru lanjut Melaka. Dari Melaka ada bus langsung ke KLIA2. Lebih gampang sekali jalan langsung karena sis bawa2 anak. Semoga informasinya membantu ya sis. Happy holiday ^^

      Delete