Sebuah Jurnal

Transportasi ke Genting yang Anti Ribet + Update Per September 2022



Genting Highland merupakan salah satu primadona di negara Malaysia. Jika teman- teman berkunjung ke Kuala Lumpur, tidak ada salahnya singgah ke Genting dan menginap barang satu atau dua malam di sana. Kini, hadir Sky Avenue, sebuah mall yang berada tepat di sebelah First World Hotel, jalan kaki dari lobi langsung tembus ke Sky Avenue. Selain terkenal kasinonya, kuliner di Genting juga beragam sehingga para pengunjung bisa memanjakan lidah di sini. Mulai dari kuliner khas Timur hingga Barat ada di sini, dari yang ringan hingga yang mengenyangkan perut. Kalau favorit saya, churros dan hazelnut tart-nya.

Perjalanan ke Genting memakan waktu satu jam dari Kuala Lumpur. Akomodasi ke sana juga nggak ribet. Teman- teman bisa pilih beberapa opsi, tergantung nyamannya bagaimana. Saat saya dan Mama saya tiba di KLIA 2, ramainya bukan main. Long weekend, jadi harap maklum. Antrean cap paspor di imigrasi membludak. Belum lagi turis- turis yang main serobot dan potong. Duh. Satu jam lebih kami menunggu. Tiket bus ke Genting juga belum terbeli. >__< *curhat traveler*

Tiket dari KLIA2 menuju KL Sentral @RM 12.00
Setelah urusan cap- cap selesai, kami turun dan langsung membeli tiket bus ke KL Sentral. Harga tiketnya RM 12. Bus pun berangkat sesuai waktu yang telah ditentukan. Sayangnya, ketika sampai di KL Sentral, tiket bus ke Genting sold out. Gawat, padahal Papa saya sudah menunggu di sana. Lalu gimana dong? Tenang, banyak jalan menuju Roma Genting. Kami akhirnya bertolak ke Pudu Sentral (naik Rapid dari depan Nu Sentral) dan naik taksi dari sana karena counter Go Genting sudah tutup dengan cantiknya –  tiketnya sudah habis. Berikut ini jenis- jenis transportasi dan harganya menuju ke Genting :

1.  Bus Go Genting – Awana Skyway

Bus Go Genting


Loket bus Go Genting terdapat di KL Sentral dan Pudu Sentral. Bus akan mengantar penumpang sampai ke Awana Station kemudian penumpang bisa melanjutkan perjalanan dengan Skyway (kereta gantung). Seru juga saat naik Skyway, bisa melihat pegunungan yang hijau dan lokasi pembangunan theme park. Keluar dari Skyway sudah langsung sampai di Sky Avenue. Bagi wanita, hati- hati karena ada butik- butik, seperti Padini dan Vinci yang menggoda mata dan kantong.

jadwal keberangkatan bus
tiket bus
Harga tiket bus : RM 4.30 per orang sekali jalan (berangkat dari dan ke KL Sentral)
                             RM 4.60 per orang sekali jalan (berangkat dari Pudu Sentral)
Harga tiket Skyway   : RM 8.00 per orang sekali jalan (tiket hanya bisa dibeli di
  Awana Station)
Siap- siap naik Skyway ^^


2. Taksi
Pudu Sentral sekarang. Sumber gambar di sini
Taksi yang khusus membawa penumpang ke Genting ini bisa dijumpai di Pudu Sentral. Pesan Papa saya, naiklah taksi resmi yang mangkal di sana. Di bagian basement, ada pangkalan taksi yang sudah tertera harganya, RM25 per orang. Waktu itu kami bertemu dengan sepasang ibu dan anak yang kebetulan mau berangkat ke Genting, jadi share biaya taksinya yang dihitung RM 90 oleh uncle yang baik hati. Uncle-nya juga ramah dan enak diajak ngobrol jadi nggak bete waktu di mobil (bagi teman- teman yang mau kontaknya untuk keperluan ke Genting ataupun jalan- jalan keliling KL, boleh pm ke saya ya).

Update: terakhir ke sana September 2018, sudah pindah ke P22 
Enaknya naik taksi, uncle akan langsung mengantar kita ke hotel tujuan, jadi tidak perlu naik Skyway lagi. Baru kali itu saya naik taksi, jadi berasa jauh banget. Belum lagi hujan dan kabut yang menghalangi pandangan.

3. Taksi online (Grab atau Uber)
Taksi online bisa merupakan alternatif terakhir pilihan kami. Waktu itu saya coba, harganya lebih mahal ketimbang naik taksi di pangkalan. Harganya berkisar RM 110- RM 115.
Nah, gampang kan kalau mau jalan- jalan ke Genting? Saya pribadi menyarankan kalau teman- teman berangkatnya di hari libur, lebih baik agenda ke Gentingnya dibuat di hari kedua di Kuala Lumpur agar bisa membeli tiket bus ke sana, kecuali kalau memang mau naik taksi langsung ke sana. Kemudian, beli tiket bus PP karena di hari libur atau akhir pekan, tiket sangat cepat habis.
Kalau tiket Skyway bisa dibeli saat hari H karena banyak sekali Skyway yang beroperasi dan selalu ada hampir di setiap waktu. Selain itu, teman- teman yang mau berkunjung ke Chinswee Temple juga bisa melalui Skyway lho. Ada stasiun pemberhentiannya, tapi sepi. Mungkin pengunjung lebih senang naik shuttle bus yang tersedia di lobi First World Hotel.

Teman- teman yang mau melanjutkan perjalanan ke Singapura juga bisa naik bus dari Awana Station ini. Semoga informasi ini dapat membantu teman- teman yang berencana ke Genting ya. Informasi lainnya akan saya share di postingan terpisah ya. Enjoy ^^



EDISI VIDEO mengenai pembelian tiket dan lokasi bisa dilihat di youtubenya Gelembung Cerita ya....sudah tayang ^^


Update Per September 2022

 

Hola! Gelembung share sedikit update waktu main ke Genting ya. Ada beberapa perubahan, dari segi akomodasi dan harga. Ini dia beberapa perubahannya:

 

Bus

Operator bus sudah bukan Go Genting lagi, melainkan Aerobus. Tiket bus bisa dibeli di KL Sentral seharga RM 10.00 per orang sekali jalan. Untuk tiket bus pulang, jika teman- teman menginap di First World, tiket bisa dibeli di area lobi menggunakan mesin dan pembayaran dengan memasukkan uang tunai ke slot yang tersedia. Atau teman- teman bisa juga beli di Awana Station. Kami biasa belinya H-1 atau malam sebelum pulang, agar masih kebagian tiket untuk keberangkatan esoknya.

 

Awana Skyway

Harga tiket Awana Skyway RM 10.00 per orang per sekali jalan.

Berhubung shuttle bus ke Chin Swee sudah tidak beroperasi lagi, akses ke Chin Swee bisa dengan Skyway atau Grab ya. Satu tiket skyway bisa digunakan untuk pergi dan pulang.

 

Kurang lebih itu perubahannya. Tutorial beli tiket di mesin akan dipost di channel Youtube Gelembung Cerita ya. Selamat jalan- jalan!


Tempat main seru lainnya di Malaysia :
Putrajaya

Long Weekend di Melaka - Bahagian Satu
Long Weekend di Melaka - Bahagian Dua
Long Weekend di Melaka - Bahagian Tiga
Long Weekend di Melaka - Bahagian Empat


Update tambahan: Kalau teman- teman sudah sampai di bandara dan sudah bosan main di Getaway KLIA2, boleh coba main ke Mitsui Outlet Park KLIA Sepang dengan menggunakan jasa free shuttle.

Info buat teman- teman yang transit dan kejauhan kalau ke Genting, boleh coba juga Skybox yang ada di KL Tower tapi kalau rempong dengan bawaan, titip saja bawaannya di KLIA2 Luggage Storage ^^
47 comments on "Transportasi ke Genting yang Anti Ribet + Update Per September 2022"
  1. Blognya sangat menginformasi ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you udah mampir dan baca ya..semoga informasinya membantu ^^

      Delete
    2. Boleh minta contact nya uncle yg antar ke genting kah?😊 kami jumat sampe k KL
      Jd bsk nya mau k genting.tq

      Delete
    3. Ok.sdh ada contack nya.maaf blm liat ke bawah😀

      Delete
    4. Ok.sdh ada contack nya.maaf blm liat ke bawah😀

      Delete
    5. Boleh minta contact nya uncle yg antar ke genting kah?😊 kami jumat sampe k KL
      Jd bsk nya mau k genting.tq

      Delete
  2. Replies
    1. Halo, utk contact boleh hubungi uncleya ya dengan Raymund +60123996138

      Delete
    2. Hi ertalin, kalau dari Genting balik lagi ke daerah PUDU SENTRAL bisa naik Bus dari mana ? atau transportasi lain selain bus yang murah apalagi. Mohon dijelaskan..

      kalau bisa saya minta ig nya supaya bisa nanya2 karena akhir bulan ini saya ada rencana kesana

      Terima kasih

      Delete
    3. Halo, Hadi. Kalau mau balik ke Pudu, dari Awana Station ya. Dari First Hotel Plaza naik skyway ke station. Selain itu, bisa juga naik taksi ke kota.IG @gelembungcerita . thank you. Semoga informasinya membantu :)

      Delete
  3. saya mau tanya min, ada link untuk beli tiket bus ke kl sentral dan ke awana tidak? mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo untuk linknya tidak ada bang,karena tiketnya langsung dibeli pas kita sampai sana. Tiket ke KL Sentral dari bandara tersedia hampir setiap waktu. Tinggal nyari tiket ke Genting saja ke Genting Skyway Station :)

      Delete
  4. Haii ertalin

    Saya rencana mau ke Genting weekend besok, tapi saya bawa papa yang menggunakan kursi roda.
    Any recommendation untuk transport? jika saya naik taksi ke genting apa nanti untuk naik cable car nya memungkinkan?
    Thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Winda. Maaf balasnya agak lama. Bisa, naik taksi saja. Kalau naik taksi, diantar sampe di depan hotel jadi nggak perlu naik skyway lagi. Selamat berlibur juga ya btw :)

      Delete
  5. hy sis mau tanya jadi kalau beli tiket di station pudu ke genting, brarti naek bus nya dari st pudu juga ya?

    ReplyDelete
  6. Halo sis..iya bener. Jadi berangkatnya dari stasiun Pudu (skrg UTC)

    ReplyDelete
  7. Hallo kak salam kenal..
    Saya sudah pesan tiket untuk tgl 5 des - 11 des 2018 ke KL. Sampai KLIA2 pukul 09:00 , saya kan seminggu di kl memang sengaja ingin explore KL gk hanya di kota saja. Saya ingin ke malacca , genting highlands dan kota KL. Sebaiknya saya menginap 1hr dulu di kota atau dr KLIA2 langsung ke genting highlands naik skyway terus balik ke kota hari itu juga ke malaka ? Atau saya menginap di genting semalam,
    Saya rencananya naik bus. Sebaiknya pemesanan online atau beli di counternya langsung pd hari H di bandara. Saya masih bingung,
    Dari genting nanti beli tiket bus lg ke malaka gitu..
    Ada recommend harga hotel murah tp kualitas tidak murahan gak kak ? Untuk di malaka dan kota.
    Terima kasih kak informasi diatas

    ReplyDelete
  8. Hai Reka. Salam kenal juga ya. Melihat jadwal kamu, saya rekomennya sih Genting-Melaka-KL. Mengapa? Karena Melaka ramainya (Jonker Street) pas weekend. Mengenai hotel di Melaka, waktu itu kami sempat menginap di Hotel Hong dan Comfort Two Hotel. Saya ada review dua2nya dan bisa dibaca di postingan saya pas long weekend di Melaka.

    Kalau menginap di Genting tergantung masing2 traveller ya. jika ada rencana ingin explore dan santai, saran saya menginap satu malam oke juga. hehe. Tiket bus bisa dibeli sesampainya di bandara. Kalau nggak jumpa weekend, biasa sih tiket masih ada kalo pagi. nanti sesampainya mbak di Awana Skyway Station, sekalian saja beli tiket bus turun ke KL atau kalau mau ke Melaka bisa naik bus dari depan Starbucks di First World (yg ini coba diupdate lagi ya. Saya belom pernah coba langsung soalnya)

    Semoga informasinya membantu ya mbak. Selamat liburan :D

    ReplyDelete
  9. Hy sis..mau tanya..saya masi bingung nih kalo dr KL SENTRAL mau ke genting n chin swee temple itu harus naek skyway 2x kah untuk balek ke KL sentral??maksudq skyway nya PP gt??

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo sis. Dari KL Sentral naik bus dulu sampai ke Awana Station. Baru sis kalo mau drop ke Chin Swee bisa. Jadi tiket skywaynya itu untuk lsg ke Genting cuma ada lewat Chin Swee dan sis bisa turun di sana. habis main dari Chin Swee, boleh nunggu Skyway lagi untuk ke Genting. Semoga membantu ya infonya. Sorry for late reply :(

      Delete
  10. Hai sis sy mau tanya sy ada rencana mau ke KL sy pingin tau recommed hotel yg bersih,apik dan murah di daerah bukit bintang yg gak jauh dr mall dan tempat makan makasih seblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo sis. Tergantung sis budgetnya mau berapaan. Kalau saya pribadi, lebih sering transit aja di KL kalo nggak ganti2 daerah menginap. Di Bukit Bintang kebetulan waktu itu nginapnya di Greenland (pas kesana lagi uda tutup). Dapet rekomendasi Sky Hotel dan Nova Hotel juga lumayan ramah di kantong. Dua2nya di daerah Bukit Bintang. Semoga membantu :)

      Delete
  11. Hai sis.. boleh tanya ya.. saya mau ke KL minggu siang naik Air Asia berangkat jam 13 45 dan balik hari Rabu malam..planningnya sih mau ke genting and Melaka.boleh rekomen schedule yang enak ga ? Saya bawa 2 anak..thanks before ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai sis. Boleh banget. Melaka lebih ramenya pas weekend dimana Jonker Walk juga buka. Tapi karena jadwal sis pas di Minggu- Rabu gapapa juga kalau mau eksplor ke tempat wisata bersejarah dan eksplor kulinernya (di blog saya ada postingan terpisahnya). Menurut saya sih lebih baik sis ke Genting dulu baru lanjut Melaka. Dari Melaka ada bus langsung ke KLIA2. Lebih gampang sekali jalan langsung karena sis bawa2 anak. Semoga informasinya membantu ya sis. Happy holiday ^^

      Delete
  12. Salam kenal mbak. Sy rencana ke KL 9-11 nov.
    Kl daerah kota KL sikit banyak sy tau jln ny. Setidakny bs sy naik KL hop off hop On. Sy berencana nginap di daerah bukit bintang 2mlm (atau 1 mlm di genting)
    Sy ada berencana ke batu caves dan genting.
    Tp sy g tau daerah sana.
    Boleh sy minta sedikit pengalaman nya mbak..
    Ada contact person buat sharing g mbak. Takuttt nyasar disana. .pergi ny modal nekat bareng suami..
    Trims mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mbak Fitri. Bisa, kalo ke Genting mau PP langsung atau mau nginap barang 1 malam jg bs. kalo nyasar, kami kadang juga bs nyasar sih. Dibawa seru aja, mbak. Hehe..boleh, mbak bs dm via ig @gelembungcerita atau line ke ertalin. semoga membantu dan selamat berlibur :)

      Delete
  13. Selamat siang,rencana saya mau ke KL des 2018 dan ada rencana mampir ke genting. Kalo dari KL sentral apakah yg dijual juga cuma tiket busnya aja ato bisa sekalian sama skywaynya ya? Dan apakah bisa beli tiketnya sehari sebelumnya. Dulu sempet baca referensinya itu tapi dicari lagi udah ga ketemu. Makasih

    ReplyDelete
  14. Halo, Rico. Terakhir update sudah bisa dibeli di loket penjualan tiket bus Genting juga. Tapi bisa juga beli setelah sampai Awana Station (kami biasa begitu). Mengenai tiket beli H-1 seharusnya bisa karena saya biasa beli tiket busnya juga PP untuk mencegah tiket habis saat hendak kembali ke KL ^^ Semoga membantu ya dan selamat berlibur :)

    ReplyDelete
  15. hi...ertalin aq ada rencana akhir tahun ke genting malaysia ..kalau g keberatan aq minta no WA kamu ...nanti setiba disana kalau bingung bisa tanya kamu

    ReplyDelete
  16. hi...ertalin aq ada rencana akhir tahun ke genting malaysia ..kalau g keberatan aq minta no WA kamu ...nanti setiba disana kalau bingung bisa tanya kamu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai. boleh line ke @ertalin atau DM via IG @gelembungcerita ya. Selamat jalan2 :)

      Delete
  17. Halo sis...trimsss banget yaa inpo2 nya sangat membantu ��.
    Semoga berkah...sukses selalu ����

    ReplyDelete
  18. hi ertalin. trins semua infonya. jika dari klia2 ke genting lbh baik atau ke kl sentral dulu baru naik bus go genting? trims y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Dydy. Kalau ngga mau pindah2, boleh langsung dari KLIA2 karena ada busnya dari sana. Tapi kalau mau lebih murah (selisihnya beberapa ringgit kalo ngga salah) dan mau belanja dulu di Nu Sentral atau tukar mata uang, bisa juga ke KL Sentral dulu. Hanya saja berpotensi kehabisan tiket bus ya kalo peak season atau sudah sore menjelang malam. Sama2. Semoga infonya membantu ya ^^

      Delete
  19. Hi.. Mau nanya, dan sarannya ya. Kalau nginap 3 malam di genting dg family bakal boring karena kelamaan gak ya. Ataukah mending 1 atau 2 malam saja. Saya brkt tgl 24 juni, nginap semalam di KL 25 nya brkt ke genting. 3 malam di genting trus tgl 28 balik dan nginep semalem ke KL dan besoknya 29 pulang
    ke semarang. Mohon advisnya ya.. Apakah perlu merubah skedulnya.. Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Hmm, kalau di sekitaran Genting sendiri biasanya bisa eksplor ke Chin Swee Caves Temple, Premium Outlet, makan dan belanja di Sky Avenue, mall mereka. Bisa nonton show sama ada teaternya juga di sana. Indoor theme parknya juga udah jadi. Jadi 3 malam tergantung travellernya, ada yang senang beberapa malam di sana karena suka suasananya, ada juga yang merasa kelamaan. Kalau memang mau stay 3 malam di Genting, bisa diselingi dengan main ke Cameron Highlands atau Colmar Tropicale. Soal skedul, mungkin boleh dicocokkan kembali dengan aktivitas di KL, kalau lebih padat itinerary di KL-nya mungkin bisa diatur lebih lama di KL. Semoga membantu ya. Happy traveling :)

      Delete
  20. Bisa bagi no wa ? Biar bs tny2 gt..sy dgn laurentia..email sy ya di jessumargo@gmail.com thank's

    ReplyDelete
  21. saya 29 des - 1 jan rencana mau ke KL.
    kl menurut mbak enak kemana dulu ya...
    mohon saran nya mbak..
    sy pingin ke bukit bintang, genting, malaka mana lg yg bs sejalan gt..(tmpt wisata nya apa saja ya..)
    td saya ada line mbak mgkn bs tny2 gt soalnya saya buta tentang KL..
    mohon bs dibantu mbak (mgkn ttg transport nya, hotel nya gt)

    Terima kasih banyak..

    ReplyDelete
  22. Hai kak, mau nanya klo dr bandara kuala lumpur ada ga bus lgsg ke genting highland? Tq please reply

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo..ada, tiket bus bisa dibeli di counter yang tersedia ya. Untuk video seputar lokasinya bisa cek di link yang saya upload. sama2 :)

      Delete
  23. Hai ka, ijin tanya : kalau kita dari genting resort world nya lamgsung naik taxi ke hotel di daerah bukit bintang bisa ga ka? Tanpa naik gondola lagi ke awana skyway. Atau harus balik dulu ke awana skyway baru naik taxi? Terimakasih ka

    ReplyDelete
  24. Halo, bisa sis, naik Grab aja sis biar nanti lsg bisa drop off di hotelnya ya :)

    ReplyDelete