Sebuah Jurnal

[Transportasi] Dari Penang ke Hat Yai


Hat Yai merupakan kota di Thailand Selatan di provinsi Songkhla. Dari Penang ke Hat Yai memerlukan waktu kurang lebih empat jam menggunakan van.  Pada liburan kemarin, saya, Mama, dan adik saya berkesempatan untuk jalan jalan ke Hat Yai. Dengan waktu tiba yang sudah menunjukkan hampir pukul satu siang di Penang, kami langsung memesan Grab menuju Prangin Mall karena bus yang ngetem sedang tidak beroperasi.

Mengapa Prangin Mall? Karena di deretan pintu masuk sampingnya berjejer agen perjalanan yang menjual tiket bus, van, dan feri. Langganan keluarga saya di A.G. Express. Setelah tiba di Penang, kami menelepon ke A.G. untuk memesan tiket van ke Hat Yai. Sayangnya tidak bisa. Auntie bilang harus on the spot baru sah. Jadi tidak bisa pesan via telepon. Datang duluan, dapat tiket duluan.

kantor A.G. Express di Prangin Mall
Sesampainya di A.G., kami langsung beli tiga tiket, pulang pergi. Penang ke Hat Yai harganya RM35,00 dan dari Hat Yai ke Penang harganya RM40,00 total yang kami bayar RM75,00 per orang. Oh ya, siapkan juga uang pecahan senilai THB20 (atau RM3,00) per orang yang akan ditagih oleh driver.


Jam keberangkatan masing- masing rute.
Untuk yang ke Hatyai paling atas, highlight kuning.
Ada empat jam keberangkatan yang bisa dipilih. Untuk hari itu, tidak bisa pilih lagi karena jadwal yang terakhir itu pukul 15.30 waktu setempat. Pulangnya kami memilih yang tengah, di jam 12.00 siang, agar paginya masih bisa sarapan dan jajan di pasar. Kalau pulang kesorean juga nggak enak karena bakal malam banget sampai Penang.

Kembali ke perjalanan darat ke Hat Yai. Perjalanan darat ini memakan waktu kurang lebih 4 jam jika tidak macet. Beruntung banget pas kami ke sana itu lancar jaya. Padahal sudah sempat horor juga pas koko Grab bilang kalau akhir pekan bakal ramai. Untunglah ya.

Perjalanan kami non stop dan berhenti hanya di perbatasan untuk mengurus imigrasi. Para penumpang akan turun dulu di perbatasan (keluar dari) Malaysia kemudian tak jauh ada perbatasan (masuk ke) Thailand. Kantornya bersih dan ada toilet atau jajanan kalau teman- teman lapar.

Driver akan menanyakan kita mau turun di mana. Karena menginapnya di daerah yang ramai turis dan tidak terlalu jauh dari terminal bus, Diamond Plaza Hotel, kami diturunkan di persimpangan jalan menuju hotel.

Setelah check in dan istirahat sebentar, kami pun siap untuk mengisi perut. Sudah siap jalan- jalan? Sampai jumpa di posting-an selanjutnya ya.

P.S. : Sebagai highlight dari setiap perjalanan saya, akan saya post di Instastory. So, untuk update-an lebih cepatnya bisa langsung cus ke IG @gelembungcerita ya. Terima kasih ^^

Transportasi selama di Hat Yai :
Super Recommended Tuktuk Rental : P Boon - Service from Heart

2 comments on "[Transportasi] Dari Penang ke Hat Yai"
  1. pak mau tanya , waktu pesan tiket bus dari penang ke hatyai itu pilih yang tujuan kemana ? karna saya baca ga ada tujuan akhir ke hat yai cuma ada transit di hatyai aja ,,, dan jika turun di hat yai kira kira bisa kah turun di ASEAN night bazaar kah ?? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, Pak/Bu. Utk ke Hat Yai bisa pilih langsung ke Hat Yai (di foto saya di bagian yang distabilo kuning). Kalo turun di mana tergantung drivernya. Sebelum beli tiket, coba ditanya dulu ke agen perjalanannya. Kalaupun tidak bisa, biasanya banyak tuktuk di sekitaran hotel yang bisa mengantarkan. Sama2, Pak/Bu.

      Delete