Sebuah Jurnal

[Transportasi] Don Mueang – Chatuchak – Pattaya Naik Bus



Sawadee ka! Berkesempatan juga mengunjungi ibukota negeri gajah putih ini setelah beberapa bulan lalu mengunjungi Songkhla. Trip kali ini cukup singkat namun memiliki cerita sendiri. Ke Pattaya juga bisa dibilang 50:50, antara jadi atau engga dan terakhir jadi juga. He he.

Saya duluan mendarat di bandara Don Mueang karena naik penerbangan pertama dari Kuala Lumpur sementara teman- teman saya baru akan tiba beberapa jam lagi dengan penerbangan dari Medan. Setelah titip ransel, keliling bandara dulu sambil cari di mana letak bus stop menuju Chatuchak.

Jadwal keberangkatan bus A1-A2



Untuk mencapai Chatuchak, kami naik bus A1 jurusan Mo Chit. Per orangnya THB30. Bus akan turun di depan stasiun BTS Mo Chit. Dari sini tinggal jalan lurus kemudian nyebrang ke Chatuchak. Karena hanya buka di akhir pekan dan kami sampainya pas hari Minggu, jadi disempetin ke sana dengan risiko berangkat ke Pattaya jadi malam hari.

Memang sih, mata dimanjain ya kalau main ke Chatuchak, apalagi cewek. Siap- siap kalap deh. Apalagi Chatuchak ini luas pake banget. Hujan turun di saat kami sedang asyik- asyiknya melihat baju. Untungnya sudah jaga- jaga dengan bawa jas hujan. Mau belanja juga sudah rempong – apalagi kami bawa ransel langsung. Sebenarnya mau dititip di lockbox yang ada di dekat BTS Mo Chit, namun penuh saat itu. Jadilah acara keliling di Chatuchak kami akhiri sore itu dan lanjut ke Pattaya. Yeay!

Terminal bus terdekat dari Chatuchak adalah Bangkok Bus Terminal (Mo Chit Bus Station) ataupun Northern Bus Terminal. Di Bangkok sendiri ada tiga terminal bus antarkota, yaitu Northern Bus Terminal (Mo Chit), Southern Bus Terminal (Sai Tai Mai), dan Eastern Bus Terminal (Ekkamai).


Dari Chatuchak kami menumpang tuktuk ke terminal bus. Tarifnya THB150 per tuktuk. Kami bilang ke driver bahwa kami mau ke Pattaya dan driver menurunkan kami di gerbang dekat loket ke Pattaya jadi ngga perlu jalan jauh dari gerbang utama. Tiket bus ke Pattaya dapat dibeli di loket 48C atau 48D dengan harga tiket THB128 per orang. Jika naik bus malam, harganya lebih murah, yaitu THB119 per orang.

Platform 78
Papan penunjuk arah platform, dekat Sevel

Sudah hampir jam lima sore saat kami tiba di terminal bus dan kami membeli tiket bus pukul 17.20. Di lembar tiket akan terstempel nomor platform, jadi pastikan teman- teman tidak salah tempat ya. Untuk memastikan, saya bertanya kepada petugas dan pergi ke arah yang ditunjuk. Palang nomor platform ada di bagian atas. Bus berangkat tepat waktu dan kami tiba di terminal bus Pattaya sekitar pukul delapan malam.

Nomor platform tergantung di bagian atas

Lanjut ke hotel dengan songthaew, THB150 bertiga. Katanya lebih murah kalau pesan dari luar terminal. Hanya saja saat itu kami perlu yang cepat agar terkejar untuk nonton kabaret, jadilah kami bertiga naik dan itu juga nunggu penumpang lain ternyata. Untungnya tidak lama dan songthaew pun berangkat. Setibanya di hotel, saya mengurus check in dan segala kehororan – tepatnya keparanoid-an kami – dimulai. Kira- kira apa sih yang bikin parno dan horor? Tunggu di cerita gelembung selanjutnya ya!

Be First to Post Comment !
Post a Comment