Sebuah Jurnal

Menikmati Hoan Kiem di Akhir Pekan

Tiga hari di Hanoi rasanya kurang puas. Hari pertama dihabiskan untuk main ke Ha Long Bay. Hari keduanya kami eksplor West Lake. Sorenya saat sudah di kamar hotel, baru teringat, tempat paling awal dan paling dekat yang ingin didatangi justru kelupaan. Waktu itu jam sudah menunjukkan pukul empat sore. Masih ada Ngoc Son Temple (Temple of the Jade Mountain) di Hoan Kiem Lake yang ingin dikunjungi.

Ngoc Son Temple

Huc Bridge - Hoan Kiem
Maka, saya dan Papa pun langsung keluar hotel lagi karena takut kesorean. Kuil masih ramai. Sayangnya kartu pelajar saya ada di tas yang saya tinggal di kamar hotel. Jadi tidak dapat harga pelajar. Ngoc Son Temple terletak di sebuah pulau kecil di bagian utara Hoan Kiem Lake.

Gerbang menuju Huc Bridge
Turtle Tower nun jauh di sana
Zoom in dulu biar bisa melihat lebih dekat Turtle Towe
Pengunjung yang masuk ke kuil wajib memakai pakaian sopan. Di seberang loket penjualan tiket terdapat loket untuk meminjam jubah berlengan panjang yang bisa dipinjam oleh pengunjung untuk masuk ke dalam kuil. Kuil ini tidak besar, hanya saja di bagian dalamnya, pengunjung bisa memandangi Hoan Kiem Lake dan Turtle Tower dari kejauhan. Selain untuk sembahyang, di dalam kuil juga terdapat spesimen kura- kura raksasa yang menjadi simbol di area Hoan Kiem ini.

area belakang kuil

Untuk masuk ke Ngoc Son Temple, pengunjung harus melewati Huc Bridge, jembatan merah yang selalu ramai oleh pengunjung karena banyak yang masuk ke kuil ataupun sekadar berfoto di jembatan merah ini. Pada malam hari, lampu- lampu yang menerangi jembatan ini akan menyala sehingga tampak indah.
Huc Bridge di malam hari
Ngoc Son Temple buka mulai dari pukul 07.00 hingga pukul 18.00 dan harga tiket masuknya VND 30.000 per orang (khusus pelajar harganya VND 15.000 dengan menunjukkan kartu pelajar/mahasiswa)

Hoan Kiem Walking Street

Akhir pekan merupakan area bagi para pejalan kaki di sekitaran Hoan Kiem. Kendaraan dilarang lewat karena jalan dikhususkan bagi para pejalan kaki. Suasananya ramai sekali, baik di café ataupun di sepanjang jalan. Tak ketinggalan juga ada atraksi- atraksi oleh seniman jalanan yang bisa dinikmati oleh para pejalan kaki.

Tidak hanya area pejalan kaki yang membuatmu bebas mengeksplorasi Hoan Kiem, Old Quarter juga disulap menjadi night market pada akhir pekan. Di sana, para pengunjung bisa menikmati beragam kuliner khas Vietnam ataupun berburu suvenir untuk oleh- oleh. Kaos- kaos lucu bisa dijadikan sebagai suvenir, VND 100.000 dapat 3 kaos.
salah satu pojok pasar malam Old Quarter
Dong Xuan Market dari luar
Vietnamese' style : duduk di dingklik
Jika teman- teman  berjalan hingga ke ujung, akan tampak Dong Xuan Market. Sayangnya pasar indoor ini hanya buka hingga pukul enam sore saja. Namun para pencinta kuliner akan dimanjakan dengan banyaknya stan makanan yang ada di sebelah Dong Xuan Market ini. Tinggal pilih mau yang mana.

After Rain
Sayangnya, malam minggu itu diwarnai oleh hujan. Jadilah kami menepi dulu. Setelah hujan reda, kami kembali berjalan di sekitar Hoan Kiem. Kami mengira bahwa menjelang tengah malam pastilah sudah sepi. Ternyata masih ramai, teman- teman. Kami berjalan cukup jauh, ikut saja arah jalannya. Anak- anak muda membentuk grup, menari di tepi jalanan yang masih basah.
pada ngumpul di depan Trang Tien Plaza
di sini area yang sering jadi lokasi prewed

Langkah kaki membawa kami tiba di Trang Tien Plaza, salah satu mall elit di Hanoi. Warga setempat sering mengadakan foto prewed di sini, katanya. Gedung memang sudah tutup, namun keramaian di luarnya tidak menunjukkan bahwa akan terjadi pergantian tanggal sebentar lagi. Awalnya saya heran melihat penjual buah dan camilan yang baru datang. Kini saya tahu jawabannya. He he.

bakal kangen dengan kediaman kura- kura ini
Karena sudah larut banget, kami memutuskan kembali ke hotel. Perjalanan di Hanoi berakhir di sini. Esoknya kami harus check out pagi dan menunggu bus yang akan membawa kami ke Bandara Noi Bai. Sampai jumpa di perjalanan dan postingan selanjutnya ^^
2 comments on "Menikmati Hoan Kiem di Akhir Pekan"
  1. Sepertinya tempatnya asyik. Bisa share penginapan mbak, ada rencana untuk main-main ke Vietnam 😊

ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak. Boleh, mbak ke Vietnam bagian mananya ya? Kalo di Hanoi saya menginap di Hanoi Buddy Inn (Old Quarter) dan Hanoi Old Centre Hotel (Hoan Kiem). Ada saya bahas di postingan sebelumnya, Mbak. Kalau kesulitan mencari, bisa klik label 'Vietnam' atau label 'where to stay' semoga membantu dan enJoy Vietnam ya 😁