Sebuah Jurnal

[1/7] New7Wonders of Nature : Ha Long Bay, Vietnam

HA LONG BAY

Ha Long Bay
Ha Long Bay menjadi magnet bagi para wisatawan yang berkunjung ke Vietnam, khususnya Hanoi. Ha Long Bay terletak di bagian utara Vietnam. Menurut legenda, saat Vietnam diserang, Ibu naga dan putranya diutus turun ke Vietnam untuk melindungi penduduk- penduduk di sana. Naga- naga tersebut melawan penyerang dan membentuk benteng pertahanan dengan mengeluarkan batu zamrud yang kini menjulang kokoh sebagai pulau- pulau batu kapur di Ha Long Bay. Terdapat kurang lebih 1.600 pulau batu kapur di teluk ini.

Kissing Chicken
Warga sangat menghormati dan menghargai naga. Oleh karena itu teluk ini dinamakan Ha Long Bay, yang berarti Teluk Naga. Ha Long Bay masuk ke dalam satu dari tujuh keajaiban dunia kategori alam. Perjalanan dari Hanoi ke Ha Long memakan waktu kurang lebih empat jam berkendara. Saya dan Papa bergabung dalam sebuah kelompok tur. Jangan lewatkan berkunjung ke Ha Long Bay walau hanya untuk tur sehari seperti kami.



Reservasi

Di tengah kegalauan karena biro perjalanan sudah pada tutup karena sudah jam 10 malam lebih (baca curhatan saya awal tiba di Hanoi di sini), kami mencoba untuk mampir ke sebuah hostel yang menyediakan paket wisata ke Ha Long Bay. Namanya Hanoi Heart Hostel. Hostelnya tidak besar, kalau lewat dan tidak diperhatikan mungkin tidak tampak.

Staf hostel yang ramah itu langsung membuka buku paket tur Ha Long Bay begitu kami bilang bahwa kami sedang mencari paket tur ke Ha Long Bay. Staf hostel langsung kasih harga $40 (paket Deluxe) tanpa bisa kami tawar. Lalu saya bertanya apa perbedaannya dengan harga $25 yang tertera di depan hostel.



Jadi, kalau teman- teman mengambil paket yang harganya $25 itu hanya sebatas ikut keliling pulau menumpang kapal mereka, tanpa ada tambahan keliling gua dan perahu bambu atau kayak. Kami memutuskan untuk mengambil paket Deluxe saja agar tidak ribet saat tiba di sana. Selesai membayar, kami diberi masing- masing sebotol air mineral berukuran kecil dan berjalan kembali ke hotel.

DAG DIG DUG

Banyak referensi yang menuliskan bahwa kita harus hati- hati terhadap penipuan yang banyak terjadi di Hanoi, terlebih paket perjalanan yang kita beli dari operator tur di pinggir jalan. Saya mulai khawatir saat para tamu hotel sudah dijemput oleh operator tur mereka sementara kami masih duduk manis di lobi. Waktu itu sudah lewat dari waktu yang dijanjikan.

Saya kemudian mencoba untuk berpikir positif bahwa booking dari hostel tidak mungkin tertipu karena mereka pasti mau menjaga reputasi mereka. Mungkin macet, pikir saya lagi. Ternyata benar. Jalanan macet sehingga terjadi keterlambatan saat penjemputan. Kami pun naik ke bus Wati Travel. Ha Long Bay, here we come ^^

TUR HALONG BAY – THIEN CUNG CAVE

Selama tur, kami diapandu oleh guide bernama Lily. Orangnya kocak dan seru. Lily menjelaskan dengan detail dan pelafalan Bahasa Inggrisnya jelas sehingga kami semua mengerti. Ia banyak menceritakan sejarah dan legenda kepada kami.

Parkiran di toko suvenir. Bus- bus  cokelat krem itu adalah busnya Wati Travel
Di tengah perjalanan, bus akan berhenti di toko suvenir. Para tamu bisa berbelanja kerajinan tangan khas Vietnam, bisa juga belanja oleh- oleh dan makan di restoran yang tersedia. Kerajinan tangan, seperti lukisan dan jahitan dibuat oleh masyarakat difabel yang diberdayakan. Ada workshopnya di sana, jadi teman- teman bisa melihat langsung proses pembuatannya.

Tuan Chau International Marina - masuk ke dermaga dari sini, semacam imigrasi kelautannya
Sebelum meninggalkan dermaga utama


Dua jam kemudian kami tiba di Ha Long. Pemandangannya sungguh indah. Itu pun belum naik ke kapal. Saat kapal mulai meninggalkan dermaga, makanan mulai disajikan. Kebanyakan makanan laut, seperti udang dan ikan. Ada juga menu lain, seperti acar mentimun, squidcake, kentang goreng, dan lumpia babi. Bagi teman- teman yang vegetarian, tenang saja, sebelum tiba, guide akan mendata berapa orang yang mau request menu makanan khusus.

Salah satu menu yang disajikan
Kapal mengelilingi pulau. Tidak melulu di kapal, para penumpang bisa memilih dua jenis aktivitas di luar kapal, mau kayaking atau naik perahu bambu. Kebanyakan dari kami memilih naik perahu bambu, termasuk saya yang ingin menikmati keindahan pulau dari jarak yang lebih dekat.

Siap- siap yang mau kayaking
Pilihan kami : naik perahu bambu
Kayaking

Rangkaian tur Ha Long Bay ini ditutup dengan mengunjungi Thien Cung Cave. Gua ini merupakan salah satu dari sekian banyak gua yang terdapat disini. Gua ini juga yang paling populer. Lampu warna warni menambah kecantikan gua ini. Hati- hati saat berjalan karena jalannya cukup licin, baik anak tangga maupun jalan di dalam gua. Ya, untuk mencapai gua ini kita harus menaiki anak- anak tangga.

Menuju Thien Cung Cave
Area di dalam gua yang dihiasi lampu warna-warni
Giant Jellyfish
Stalaktit dan stalagmit dalam gua akan menghidupkan imajinasi para pengunjung. Lily kembali menceritakan legenda- legenda dibalik ukiran bebatuan kapur. Salah satu cerita romantis yang saya ingat adalah tentang cinta tak sampai seorang pria kepada wanita yang ia cintai. Tampak si wanita yang memunggungi pria. Pria itu tetap setia akan cintanya dan tetap berada di belakang wanita itu untuk mendukung dan mendoakan wanita yang ia cintai. Karena baginya, kebahagiaan wanita itu adalah kebahagiaannya juga. So sweet yaa >,<

Forever Love <3
Kami terus berjalan dan menyusuri gua dan tahu- tahu sudah keluar dari gua. Kapal yang kami tumpangi telah menunggu di dermaga. Ini artinya kami sudah harus kembali ke dermaga utama dan bersiap kembali ke Hanoi.

Ini tur pertama yang saya ikuti dan cukup berkesan. Walau hanya sehari pulang pergi, tapi lumayan lah. Mungkin di lain kesempatan, saya akan mengambil paket menginap saja karena belum sempat eksplor Cat Ba juga.

Berhasil move on?




Seperti waktu datang, saat pulang, kami juga singgah sebentar di toko suvenir. Kebanyakan pengunjung membeli makanan dan snack berhubung sudah malam dan sudah lapar. Kalau kami, niatnya lanjut cari makan di Old Quarter. Sampai di sini dulu perjalanan ke Ha Long Bay saya kali ini. Tunggu cerita seputar West Lake yang akan menggelembung di postingan selanjutnya ya. Selamat berlibur ^^
2 comments on "[1/7] New7Wonders of Nature : Ha Long Bay, Vietnam"
  1. Menarik banget, nih. Jadi pengin wujudkan bucket list ke Vietnam segera! Monggo mampir ke blog saya, kali2 bisa saling sharing tentang traveling. Salam :)
    www.sadawayans.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Thanks ya sudah mampir. Iya, Vietnam memang menarik. Apalagi kalau ada waktu lebih, banyak tempat yang lebih oke lagi. Semoga bisa segera terwujud ya. Siip, siap meluncur :)

      Delete