Sebuah Jurnal

8D7N Siem Reap – Ho Chi Minh – Hanoi Budgeting

Sebagai traveller dengan banyak pertimbangan, mau yang murah tapi nggak ribet, mau yang enak tapi nggak mahal, mau waktu singkat tapi komplit, jadilah liburan tiga kota ini terbentuk dan terjalani. Pastinya plus minus karena waktunya terbatas. Tapi seru karena dapat banyak pengalaman dan moment baru.

Berikut ini saya share rangkuman biaya perjalanan saya selama delapan hari itu. Keseluruhannya itu biaya untuk satu orang. Hanya biaya transportasi, tur, dan hotel. Kenapa makanan dan suvenir enggak? Karena itu tergantung masing- masing traveller dan selera juga beda- beda kan. Jadi untuk makan, bervariasi. Bagi traveller yang nggak hobi kulineran, makan seadanya rasanya sudah cukup, ataupun makan di restoran siap saji di dekat hotel juga oke, tapi beda lagi bagi traveller yang hobi kulineran juga. Budgetnya pasti beda lagi.



Dari semua akomodasi, tiket pesawatlah yang mendominasi mahalnya karena dibeli terpisah tiketnya. Tips bagi teman- teman yang ingin menghemat biaya pengeluaran, khususnya tiket pesawat, bisa liburan secara terpisah tempatnya. Misalnya liburan kali ini ke Vietnam dulu. Tiket PP dari dan ke Hanoi jauh lebih murah ketimbang hanya beli sekali jalan. Seperti waktu itu, saya dapatnya Rp 1,8juta waktu balik dari Hanoi ke Medan. Kalau hari- hari biasa seperti pas saya trip, Rp 1,9 juta sudah bisa pergi pulang. Beda jauh banget ya.

Cuma ya itu, kembali lagi ke kebutuhan liburan. Kalau hanya ke Hanoi, saya bakal mengeluarkan biaya ekstra ke Ho Chi Minh, apalagi ke Siem Reap dan kembali lagi ke Hanoi. Alasan itulah yang membuat saya untuk membeli tiket secara terpisah.

Saat liburan juga saya lebih senang menggunakan transportasi umum, kecuali memang di lokasi tersebut akses transportasi umumnya jarang atau kejauhan dan sudah capai seharian, jadi dikombinasikanlah dengan taksi online.

Untuk hotel, semuanya saya pesan dari booking.com dengan fitur free cancellation, takut juga ya kan cutinya belum disetujui. He he. Ceritanya saya pesan hotel dulu, baru beli tiket pesawat.

Dari Kuala Namu menuju Siem Reap, kami menumpang Air Asia, transitnya pilih yang di Kuala Lumpur biar nggak mahal (ada dua opsi, satu lagi transitnya di Don Mueang, Thailand).

Kemudian dari Ho Chi Minh menuju Hanoi, kami menumpang Jetstar, perjalanannya nggak kalah seru karena keberangkatannya dari terminal domestik, ketemu penumpang lainnya juga kebanyakan warga lokal. Xin chao^^

Pulangnya dari Hanoi menuju Kuala Namu, kami menumpang Malindo Air, transitnya di Kuala Lumpur International Airport (KLIA1). Ini adalah kali pertama saya menginjakkan kaki di KLIA1. Biasanya dari KLIA2.


Bervariasi banget ya. Semuanya saya susun sebelum liburan. Jadi sudah terjadwal, paling ada satu atau dua tempat yang belum sempat dikunjungi karena faktor cuaca dan faktor lainnya. But it's fun. Setiap perjalanan selalu membawa cerita baru. Sudah siap liburan? 

* US$1 = Rp 13.500,-
   VND1 = Rp 0.65,-
Be First to Post Comment !
Post a Comment