Sebuah Jurnal

#JadiBisa Tetap Dekat dengan Yang Terkasih dengan Fasilitas Pilih Kursi di Traveloka

Selain bebas macet, traveling dengan menumpang kereta api sangat menyenangkan. Berangkat ke stasiun dan menunggu kereta api sambil menikmati jajanan yang ada di stasiun diiringi suara kereta api yang khas memberikan rasa tersendiri. Para penumpang berlalu lalang menjinjing bawaan mereka. Ada yang pulang kampung, berangkat kerja, ataupun sekadar jalan- jalan seperti saya dan teman- teman.

Saya bersyukur kini traveling tidak lagi seribet dulu. Berbagai informasi mengenai destinasi wisata sangat mudah kita temukan dengan berseluncur di dunia maya. Termasuk juga dalam urusan akomodasi, tinggal pilih, pesan, dan bayar, maka tiket sudah berada dalam genggaman. Bahkan pembayaran untuk pemesanan tiket ataupun hotel tanpa kartu kredit juga sudah bisa. Ini menjadi kemudahan ekstra bagi saya yang tidak memakai kartu kredit.


Dengan perkembangan teknologi, kini membeli tiket kereta api juga tidak perlu lagi mengantre di konter stasiun yang setelah mengantre panjang dan lama, tahu- tahu tiket habis. Saya sendiri biasa memesan online. Terakhir kali naik kereta api saat libur Lebaran lalu ke Bandung. Karena takut kehabisan tiket, saya segera memesan tiket kereta begitu mendapatkan tiket pesawat dari Medan ke Jakarta. Dua- duanya saya pesan dari Traveloka, aplikasi favorit saya kalau pesan tiket pesawat dan kereta (bahkan isi kuota juga dari sini karena selalu ada diskonnya juga).

Enaknya pesan tiket kereta api dari Traveloka, saya #JadiBisa pilih kursi yang saya mau tanpa harus terpisah dengan teman saya. Kita juga bisa memilih gerbong yang kita mau kalau dirasa tempat duduk yang kita inginkan sudah terisi penuh di gerbong lain. Yang menjadi bonus adalah saat pesan tiket sedang ada kupon promo yang bisa digunakan. Lumayan banget kan, diskonnya buat jajan batagor di Bandung waktu itu.

Bagi teman- teman yang belum pernah membeli tiket dari Traveloka, teman- teman tinggal mengunduh aplikasinya di Google Play (bagi pengguna Android) atau AppStore (bagi pengguna iOS) kemudian membuat sebuah akun di Traveloka. Setelah terdaftar dan terverifikasi, beragam fitur pun siap dinikmati.

Tampilan halaman depan

Untuk memesan tiket kereta api, pilih menu Trains. Setelah itu kita bisa memilih rute asal dan rute tujuan serta jadwal keberangkatan yang kita mau lalu memulai pencarian kereta. Karena tujuannya ke Bandung, saya menumpang kereta api Argo Parahyangan yang berangkat dari Stasiun Gambir dengan tujuan akhir Stasiun Bandung. Keretanya nyaman walaupun waktu itu saya pesannya kelas ekonomi. Perjalanan memakan waktu tiga jam lebih. Perjalanan lalu merupakan perjalanan yang berkesan karena saya menikmati pemandangan matahari terbit dari jendela kereta untuk pertama kalinya. He he. Kembali ke pemesanan tiket.

Jangan Lupa ya Select Seat-nya
Saat mengisi detail penumpang juga tidak memakan waktu lama karena data saya dan teman- teman sudah tersimpan sebelumnya. Selesai mengisi data penumpang, jangan buru- buru melanjutkan ke bagian pembayaran dulu. Teman- teman harus coba menggunakan fasilitas pilih kursi di menu Select Seat yang ada di atas menu Continue to Payment. Kalau langsung membayar, tempat duduknya akan dipilih secara acak. Nggak bisa ngobrol- ngobrol dong ya pas di kereta nanti.

info mengenai gerbong dan kursi yang terisa

kursi yang available
P1-P2 itu yang saya pilih
Gerbong dan sisa kursinya juga bisa dilihat dengan jelas sehingga calon penumpang dapat bebas memilih. Pada kursi yang diblok warna abu- abu artinya sudah terisi alias tidak bisa dipilih lagi. Sebaliknya, pilihlah kursi yang masih tersedia yang diberi border biru (available). Baru setelah kursi terpilih, teman- teman bisa melanjutkan ke pembayaran.

detail harga sebelum melanjutkan ke pembayaran

pilih metode pembayaran

Pembayaran tiket bisa dilakukan dengan transfer dari ATM, internet banking, kartu kredit, ataupun dari minimarket yang bekerjasama dengan Traveloka (Alfamart dan Alfamidi).

Apabila pembayaran sudah berhasil dan diterima oleh pihak Traveloka, e-ticket akan terbit. Di dalamnya akan ada kode booking, informasi penumpang, dan barcode yang dapat digunakan untuk mencetak boarding pass di mesin pencetak yang tersedia di setiap stasiun.


Bagaimana? Mudah bukan memesan tiket kereta api untuk liburan? Tiket sudah di tangan, masalah transportasi pun aman. Yuk, persiapkan segera agenda liburan akhir tahunmu. Bersama Traveloka, Jadi Bisa!
4 comments on "#JadiBisa Tetap Dekat dengan Yang Terkasih dengan Fasilitas Pilih Kursi di Traveloka"
  1. Senang ya dengan Traveloka. Mau apa pun jadi lebih mudah ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi..iya..hemat waktu dan nggak ribet :D

      Delete
  2. lebih memudahkan traveler ya aplikasi traveloka itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoii..aplikasi pas untuk traveller cerdas :D

      Delete