Sebuah Jurnal

[MEDAN] FILOSOFI KOPI



Kopi Tiwus menjadi salah satu menu kopi yang saya cari saat saya mampir ke kedai kopi ini. Efek penasaran setelah menonton filmnya. Dan setelah lama #dirumahaja, tahu- tahu Filosofi Kopi sudah buka di Medan dan ada dua cabang malah. Langsung mampir saat sudah berani untuk hopping.

Mampirnya ke Filkop yang di Adam Malik. Seperti biasa tim pagi kalau soal ngopi. Biar sepi dan berasa di kedai kopi pribadi. Ha ha. Pas banget timing-nya karena mereka baru ngebolehin dine in sejak dua minggu lalu. Lucky me.

 

Sesampainya di kasir, saya ditawari menu seasonal beans. Tapi niat hati ini mau mencoba Kopi Tiwus dan sedang ada bijinya. Saya pilih metode seduh saya pilih V60 karena menurut mbaknya Kopi Tiwus itu paling cocok menggunakan metode seduh V60. Nggak biasa banget ya saya minumnya manual brew. Di luar dugaan, ternyata saya bisa juga minum kopi hitam, tanpa gula. Sebuah kemajuan.

 

Kopi Tiwus (manual brew V60)

Kedai kopi yang terletak di lantai dasar ini tergolong luas, dengan area merokok dan tidak merokok yang terpisah. Filosofi Kopi juga menjual biji kopi beserta merchandise yang bisa teman- teman pilih. Ada espresso bar juga. Seru banget nih bisa melihat langsung proses pembuatan kopi kamu. Bisa juga sambil ngobrol dengan babang barista yang ramah.

 

Blooming …

Pouring …

 

Senangnya bisa kembali menghidu aroma kopi sambil duduk santai. Aroma biji Tiwus pas di lidah saya. Tidak terlalu pekat namun terasa aroma khasnya. Saya belum bisa banyak berkomentar karena masih awam di dunia perkopian ini. Sebuah prestasi ya bisa menghabiskan kopi manual brew ini, tanpa susu. Ha ha.

 

Waktu berlalu dengan cepat dan tanpa disadari hari beranjak siang. Ponsel saya berdering, pertanda telepon masuk dari rekan kerja yang mengajak bertemu menghadiri undangan di tempat lain. Kontemplasi hari ini menyenangkan dan terasa singkat. Seharusnya akan ada kali kedua dan selanjutnya di Filkop. Saat itu, saya akan mencoba metode seduh lain dengan biji musiman mereka.


Bagi teman- teman yang mau mencoba, teman- teman bisa mampir ke Filosofi Kopi yang beralamat di Jalan Adam Malik No.19, Medan ya. Selamat menemukan rasa!



Kunjungi juga galeri foto kopi saya di Instagram:
@gelembungcerita ya. 
Be First to Post Comment !
Post a Comment