Sebuah Jurnal

#DiRumahAja Yuk! Bikin Dalgona Coffee yang Tengah Viral



Maraknya pandemi Covid19 membuat kita semua tidak bisa berpergian, nongkrong, ngumpul- ngumpul langsung di luar. Otomatis ruang gerak menjadi lebih terbatas, hanya di rumah dan kantor. Bersyukur bagi yang sudah WFH ya. Yang masih ngantor, tetap semangat karena bisa pulang cepat. He he.

Konten Instagram dan Youtube belakangan banyak diisi dengan postingan yang memotivasi agar tetap produktif kala kita berada di rumah. Salah satu yang viral adalah si Dalgona Coffee ini. Kopi modifikasi dari jajanan gula- gula negeri ginseng ini mudah dibuat dan rasanya juga cocok di lidah.

Di postingan ini, saya share dulu ya foto- fotonya sembari menunggu video lengkapnya yang akan saya rekam dan upload di Youtube. Saya share dulu video singkat yang saya simpan dari highlight Instastory yang berjudul kafein ii di akun @gelembungcerita.
Bahan dan alat yang diperlukan cukup sederhana, bisa didapatkan di dapur dan supermarket terdekat.

Bahan :
Kopi Instan (ini saya pakai Nescafe Classic)
Gula Pasir
Air es
Ketiga bahan ini dicampur dengan takaran 1:1:1. Silakan ditambah sesuai dengan banyaknya Dalgona yang mau dibuat.

Es batu
Susu cair

Alat :
Pengaduk. Fleksibel bisa pakai whisk, mixer, ataupun milk frother. Masing- masing memiliki durasinya sendiri. Saya sarankan agar cepat, pakai saja mixer.

Gelas bening agar bisa kamu foto setelah selesai (ujung- ujungnya konten juga).


Setelah lengkap, mari kita mulai!


Campurkan dulu bahan- bahannya ya teman- teman. Kalau kopinya pakai 1sdm, gulanya juga 1sdm, dan airnya juga 1sdm saja.

Kemudian aduk dengan mixer  atau milk frother atau whisk. Mengaduk dengan whisk akan memakan waktu lebih lama.

Setelah adonan mengembang dan mengental, matikan mixer. Terakhir saya coba dengan mixer dengan takaran 3sdm, ngaduknya kurang lebih 5 menit hingga adonan mengembang dan kaku. Sementara di video ini pakai milk frother sekira 5 menit juga tapi hasilnya hanya creamy and little bit foamy,nggak sampai kaku.

Masukkan es batu ke dalam gelas. Banyaknya ini tergantung selera. Kemudian tuang susu cair, saya pakai yang full cream. Jangan sampai penuh agar bisa dituangkan Dalgona ke atasnya.

Tuang adonan Dalgona tadi ke gelas yang telah berisi susu. Taraaaaa….Dalgona siap diaduk dan diminum.

ini edisi foamy-nya

Itu dia cara membuat Dalgona. Mudah kan? Semoga di masa- masa yang mudah memancing kepanikan ini, kita tetap tenang dan produktif selama berada di rumah. Gelembung sempat juga upload video sederhana tentang handletteringmenggunakan spidol seribuan. Yang belum pernah dan mau coba, cus langsung mampir ke channel Youtube gelembung ya di gelembungcerita.

Selamat bekerja dari rumah, selamat beraktivitas dari rumah. Semoga pandemi ini segera berlalu sehingga kita bisa melihat lebih banyak bagian dari bumi yang indah ini. Stay safe, everybody Y

Youtube : gelembungcerita
Be First to Post Comment !
Post a Comment