Sebuah Jurnal

Review K-Drama : Mr. Sunshine

sumber gambar di sini

Review K-Drama : Mr. Sunshine

Judul : Mr. Sunshine

Jumlah episode : 24

Pemeran : Lee Byung Hun, Kim Tae Ri, Yoo Yeon Seok, Kim Min Jung, Byun Yo Han.

Ceritanya :
Eugene Choi (Lee Byung Hun), seorang marinir Amerika Serikat yang ditugaskan untuk berdinas ke Joseon. Ingatannya lantas membawanya mengenang kembali masa- masa pahitnya sewaktu kecil. Choi Yoo Jin adalah anak dari budak yang akan dijual oleh seorang tuan tanah yang kaya dan ayahnya tengah dihukum di keramaian. Ibunya berusaha menyelamatkan Yoo Jin dan meminta Yoo Jin untuk kabur. Yoo Jin kecil begitu terpukul karena setelahnya, ibunya bunuh diri dengan terjun ke sumur yang dalam.

Eugene Choi
sumber gambar di sini
Teringat usaha keras ibunya, ia pun kabur dan berhasil menyelamatkan diri berkat seorang perajin keramik yang menyerahkannya pada Joseph, seorang misionaris asal Amerika Serikat yang melayani di Joseon pada saat itu. Awalnya Joseph menolak tapi membantu Yoo Jin juga untuk berangkat ke Amerika Serikat dengan menyelundupkannya di peti barang.

Joseph juga yang memberi nama Eugene pada anak yang ia tolong itu. Ia telah menjadi sosok seorang ayah di mata Eugene. Eugene bertahan di Amerika Serikat dan tumbuh menjadi pria terpandang, seorang marinir berkebangsaan Amerika Serikat.

Eugene sangat tidak menyukai Joseon karena Joseon tidak pernah menerimanya. Siapa sangka ia bertemu dengan Go Ae Shin (Kim Tae Ri), seorang gadis bangsawan yang tergabung dalam Pasukan Kebenaran, sebuah kelompok yang terdiri dari anggota- anggota bela negara yang mencari dan mengungkap kebenaran yang selama ini tertutupi. Eugene dan Ae Shin mulai saling jatuh cinta padahal awalnya niat Eugene adalah membalas dendamnya kepada Kim Hee Sung (Byun Yo Han), cucu dari tuan tanah yang dulu menghancurkan keluarganya.

Go Ae Shin
sumber gambar di sini
Go Ae Shin (Kim Tae Ri), merupakan cucu seorang bangsawan dan sesepuh yang terpandang. Kedua orangtuanya meninggal usai melawan para pengkhianat bangsa. Tumbuh di lingkungan terpandang membuat Ae Shin tidak leluasa melakukan hal yang ia sukai. Ia diam- diam belajar menembak. Ia juga belajar Bahasa Inggris di sekolah yang diperuntukkan untuk rakyat. Namun tekadnya tetap membawa Joseon bebas dari tangan- tangan kotor dan mengusir mereka yang tidak berhak menduduki negaranya.

Kim Hee Sung
sumber gambar di sini
Sementara Hee Sung sendiri awalnya menghindari Ae Shin dengan menimba ilmu ke Jepang. Perasaannya berubah setelah ia bertemu langsung dengan Ae Shin. Ia jatuh cinta pada tunangannya. Tanpa ia ketahui, Eugene yang merupakan tetangganya di Hotel Glory, juga menyukai wanita yang sama. Hee Sung sendiri memiliki sifat yang bertolak belakang dengan kakeknya yang kejam. Ia seorang pria yang berhati lembut dan ceria. Karakter ini juga menjadi salah satu pemanis di Mr. Sunshine.

 
Hina Kudo
sumber gambar di sini

Sang pemilik hotel, Hina Kudo alias Lee Yang Hwa (Kim Min Jung), yang menyukai Eugene pun akhirnya menyerah setelah tahu bahwa Eugene menyukai Ae Shin. Hina Kudo adalah wanita yang tangguh. Tangguh secara kekuatan, Hina, seorang janda yang ditinggal mati oleh suaminya, mampu melindungi dirinya dengan keahlian anggar yang ia miliki. Ia juga tangguh karena memiliki koneksi dimana- mana. Ia dijual oleh ayahnya yang jahat kepada seorang taipan Jepang yang meninggalkan warisan berupa Hotel Glory yang kini ia kelola.

Goo Dong Mae
sumber gambar di sini

Tamu Hina yang lain yang awalnya terasa mengusik namun selalu menyelamatkannya adalah Ishida Sho alias Goo Dong Mae (Yoo Yeon Seok), seorang samurai dari kelompok Yakuza bernama Musin. Goo Dong Mae memiliki nasib yang tidak kalah tragis dengan Eugene. Ayahnya yang seorang tukang jagal  harus gugur dalam aksi bela negara saat peperangan pecah.

Dong Mae kecil diselamatkan oleh Ae Shin kecil sewaktu Ae Shin mengajaknya untuk masuk ke dalam tandunya. Namun ia malah mengatai Ae Shin bangsawan manja dan itu melukai hati Ae Shin walau ia sendiri sebenarnya tidak ingin mengatakan hal itu. perasaan Dong Mae tetap disimpannya hingga ia kembali ke Joseon setelah menjelma menjadi seorang yang berhati dingin.

Takdir seolah telah menyusun segalanya. Eugene, Hee Sung, dan Dong Mae, ketiganya bertemu dalam kondisi yang tidak baik tapi anehnya mereka kerap menghabiskan waktu minum bersama dan tanpa pernah diungkapkan kata- kata manis, persahabatan tumbuh di antara mereka bertiga.

sumber gambar di sini
manisnya tanpa perlu diungkapkan dengan kata- kata
sumber gambar di sini
Sementara ketiga pria itu berusaha untuk meredam perasaannya masing- masing, kondisi Joseon sedang tidak stabil. Jepang mulai masuk dan menduduki Joseon walau saat itu legasi Amerika juga berada di sana. Awalnya tidak kentara. Hingga satu per satu fakta mulai terungkap, para pengkhianat dieksekusi. Kondisi diperparah dengan kaisar Joseon yang dipaksa untuk turun tahta dan Pasukan Kebenaran menjadi buronan negara. Perjuangan pun dimulai. Ke manakah perjuangan ini dibawa? Bagaimana kisah ketiga pria  dan wanita- wahita tangguh ini pada akhirnya?

Review :
Setting zaman peperangan  membuat saya awalnya menunda untuk menonton drama Korea 2018 yang direkomendasikan oleh salah satu Netflix buddy saya, @junweira. Setelah beberapa bulan bertengger di list film, akhirnya saya memutuskan untuk menontonnya dan ternyata nggak butuh lama untuk jatuh cinta dengan tokoh- tokohnya. Salah satunya Eugene Choi yang berwibawa. Tokoh lain favorit saya adalah Hina Kudo alias Lee Yong Hwa, pemilik Hotel Glory, yang tangguh dan terlihat abu- abu.

lokasi syutingnya oke
sumber gambar di sini
Hasil setelah menonton drama 24episode ini? Baper! Untuk drama dengan durasi penayangan yang cukup lama, hampir sejam deh rasanya per episode, Mr. Sunshine ini nggak ngebosenin. Eksekusinya pas. Sinematografinya kece parah. Masa- masa sulit dan penuh perjuangan dibumbui dengan romansa yang pahit. Walau banyak yang akan bertanya- tanya, apakah seperti ini pada zamannya? Dalam kehidupan nyata bahkan lebih sulit walau di drama ini saja sudah keras ya. Penembakan dimana- mana bagi yang tidak mau patuh. Hukuman mati pun menanti bagi yang dianggap tidak mau bekerjasama.

sumber gambar di sini
pengorbanan
sumber gambar di sini

Pengorbanan, kesetiaan, persahabatan, cinta sejati, dan patriotisme akan teman- teman temukan dalam drama ini. Semuanya digambarkan dengan deep dan menyentuh hati banget. Kepiluan- kepiluan ini membuat drama ini terlihat natural, kembali lagi mengingat tema dan zaman yang diusungnya.

Dari nonton Mr. Sunshine ini juga, saya jadi kepo dan kemudian tahu bahwa ternyata hari kemerdekaan Korea hanya terpaut dua hari dari hari kemerdekaan Indonesia, yaitu 15 Agustus 1945. Di awal drama ini akan ada disclaimer bahwa kisah ini merupakan kisah fiktif dan karakter yang ada dalam drama ini juga fiktif. Tapi tetap saja tidak bisa menghilangkan bayangan bahwa zaman dulu peperangan itu memang ada.

Secara keseluruhan, walau drama ini – seperti yang saya baca – cukup kontroversial, saya enjoy saja. Hampir semuanya saya suka, hanya bagian ending-nya yang……. saya tidak mau spoiler. Bagi yang penasaran, boleh ditonton langsung ya. Saya rekomendasikan Mr. Sunshine untuk teman- teman yang sedang mencari drama yang bikin perasaan jadi nyesek tapi nggak bisa nangis saking perihnya – ini versi gelembung ya. Selamat menonton J

Be First to Post Comment !
Post a Comment