Sebuah Jurnal

Transportasi Selama di Penang

Sebagai salah satu kota dengan situs warisan budaya yang kental, Penang sudah dibekali dengan sistem transportasi yang memadai. Untuk pergi ke tempat- tempat yang baik itu touristy ataupun keliling kota, tersedia transportasi umum berupa bus nyaman dan ber-AC.

Untuk busnya sendiri ada dua tipe, satu Rapid (berbayar) dan satu lagi CAT (tidak berbayar alias free). Haltenya sendiri berada di satu area walau berbeda blok. Kalau saya sendiri lebih sering naik Rapid karena tempat tujuannya itu dilalui oleh Rapid.

Kadang kala, saat mengejar waktu, kami pesan Grab. Atau saat sedang ada promo untuk jarak dekat dan lebih hemat, kami juga pesan Grab. Jadi selama di Penang, fleksibel saja ya teman- teman.

Postingan ini nggak berisi tentang semua rute Rapid se-Penang ataupun kode promo Grab. He he. Gelembung hanya mau share yang kami coba waktu itu.


Bandara ke Komtar
Perjalanan dari bandara ke kota memakan waktu lebih kurang setengah jam kalau tidak macet (18km). Pengalaman terakhir, kena macet di Jumat sore, sejam lebih hampir dua jam, baru tiba di Komtar. Bus penuh pula. Untung adem. Oke, sekian curhatnya.

Rapid bisa ditemukan di sekitar area parkir bandara. Letaknya bersebelahan dengan pangkalan taksi. Bus yang bisa kita tumpangi itu nomor 102 atau 401E menuju Komtar. Namun jika bus yang sedang berhenti itu di luar dari nomor di atas, teman- teman bisa menanyakan langsung ke driver apakah melewati Komtar ataupun tempat lain yang teman- teman tuju.

Saat hendak memesan tiket van ke Hatyai, kami menelepon ke agen perjalanan dan tidak bisa pesan via telepon. First come first served. Jadi kami berpacu dengan waktu untuk mendapatkan tiket. Antisipasi habis saja karena saat itu akhir pekan. Kami memesan Grab dan dapat di harga RM19.

Opsi terakhir ketika tidak bisa naik Rapid ataupun Grab adalah dengan naik taksi yang mangkal di bandara. Tarifnya sekitar RM40 untuk maksimal empat orang.

Komtar ke Air Itam

Angka 2 di pojok kanan artinya Lane 2.
Di bawahnya ada nomor bus yang lewat, tujuannya,
dan berapa lama lagi bus tiba.
Di dalam bus juga ada layar yang berisi pengumuman
pemberhentian berikutnya.t

Air Itam merupakan salah satu daerah yang banyak dikunjungi turis yang mau berkunjung  ke Kek Lok Si Temple dan Bukit Bendera (Penang Hill). Teman- teman bisa menunggu bus di Lane 2, bus no. 204. Tarifnya RM2.00 sekali jalan sudah bisa sampai ke Bukit Bendera (pemberhentian terakhir bus 204). Saat itu kami main ke Bukit Bendera dulu, jadi dari Bukit Bendera kami naik Grab ke Kek Lok Si seharga RM 5.00

Macalister ke Pulau Tikus
Untuk akses ke Pulau Tikus, teman- teman bisa naik Rapid 103. Bisa juga ke Gurney dengan bus ini. Pulau Tikus terkenal dengan pasar pagi dan beberapa kuil yang ada di area tersebut. Teman- teman bisa berhenti di depan kantor polisi Pulau Tikus (Balai Polis Pulau Tikus). Gedungnya besar dan berwarna biru putih.

Komtar ke Bandara
Teman- teman bisa menunggu di Lane 5 untuk naik bus ke bandara. Waktu itu kami naik Rapid 102. Tarifnya RM 2.70 per orang. Jika teman- teman ingin langsung sampai bandara dan tidak melewati beberapa pemberhentian, teman- teman bisa menumpang bus khusus rute bandara dengan kode AT (Airport Transfer). Bus AT terletak di blok sebelah, bergabung dengan halte CAT.

Itulah beberapa rute yang bisa gelembung bagikan. Untuk rute lain, teman- teman bisa googling atau langsung melihat di peta rute yang ada di Komtar. Jika teman- teman memilih naik Grab, tarif dasarnya berkisar di RM 5.00 (itu menurut perkiraan kami karena kami tidak pernah dapat harga di bawah itu walaupun untuk jarak dekat). Jangan lupa siapkan uang pecahan kecil ataupun koin ya jika mau naik bus umum. Selamat jalan- jalan!
Be First to Post Comment !
Post a Comment