Sebuah Jurnal

Mengunjungi Kuil Budha Tertua di Hanoi : Tran Quoc Pagoda

Tran Quoc Pagoda
Salah satu agenda untuk mengisi hari terakhir di Hanoi adalah mengunjungi kawasan West Lake. Tran Quoc Pagoda menjadi first stop kami setelah bus no.14 menurunkan kami di area West Lake. Bagi teman- teman yang tidak menggunakan aplikasi Google Maps, tinggal ikuti jalan di sepanjang danau. Tran Quoc Pagoda terletak di bagian timur West Lake.

Kuil di area taman
Pagoda ini merupakan pagoda (kuil) tertua umat Budha di Hanoi. Walaupun dibangun lebih dari 1500 tahun lalu pada masa pemerintahan Kaisar Ly Nam De, pagoda ini tetap berdiri kokoh dan dirawat dengan sangat baik. Kuilnya juga nyaman dan bersih.


Pintu masuk
Tran Quoc Pagoda ramai dikunjungi turis pada hari itu. Saya rasa pada hari- hari lainnya juga demikian karena Tran Quoc Pagoda menjadi salah satu icon di West Lake. Untuk masuk ke dalam pagoda, tidak dikenakan biaya. Pengunjung hanya perlu berpakaian yang sopan.

lorong menuju pagoda dan kuil

Pohon Bodhi yang ada di taman
Daun Pohon Willow menari- nari ditiup angin, serasa menyambut kami saat berjalan melalui lorong menuju ke taman kuil. Sesampainya di taman, pengunjung dapat melihat Pohon Bodhi yang didonasikan oleh presiden pertama India, Rajendra Prasad,  saat beliau berkunjung ke Hanoi pada 1959 silam.

Tran Quoc Pagoda
Batu bata juga mendominasi area pagoda

Dengan tinggi 15 meter, Tran Quoc Pagoda memiliki 11 tingkat dengan patung Budha di setiap tingkatannya. Pengunjung yang datang ke kuil boleh berdoa dan juga memberikan donasi. Warna merah dan kuning mendominasi kuil ini. Tertarik untuk mengunjungi Tran Quoc Pagoda? Tran Quoc Pagoda buka setiap hari dari pukul 07.30 pagi hingga pukul 18.00 waktu setempat. 
Be First to Post Comment !
Post a Comment