Sebuah Jurnal

[JAKARTA] ABCD Coffee & The Dealer




Rencana dua tahun lalu yang sempat tertunda akibat pandemi akhirnya terealisasi juga setelah hampir tenggelam dan dilupakan. Suatu malam tiba- tiba teringat pernah ingin mengambil kelas kopi untuk menambah pengetahuan dan skill.  Yeaayyy!!

 

ABCD memiliki jadwal weekday dan weekend. Saya memilih kelas weekend karena lebih hemat waktu secara Sabtu dan Minggu tidak bekerja. Kalau hari biasa, durasinya tiga hari, yaitu Selasa hingga Kamis. Belum apa- apa sudah cuti tiga hari ya kan. Ha ha.


Ruangan Appreciation Class


Beruntung juga pas daftar, mereka sedang ada diskon 20% dari 6juta jadi 4.8juta (termasuk makan siang). Lumayan banget diskonannya buat beli tiket pesawat. Saya sempat ragu awalnya karena takut kalau sedang tidak ada yang mendaftar, kelas tidak jalan. Tenang saja teman- teman. Kelas tetap jalan walau pesertanya hanya satu. Skuy!

 

Di hari pertama kami diajari dari pengenalan (sejarah dan teori kopi), brewing, dan cupping. Seru sih kelasnya karena kelasnya keren dan lengkap. Saya malah dikira lagi di bioskop saat kirim fotonya ke teman. Wk wk.

 


Cupping Room aka Red Room

Lanjut hari kedua kami belajar tentang espresso dan latte art. Jadi banyak tahu tentang ekstraksi si hitam ini. Seru sih tapi masih perlu banyak Latihan. Ada yang bersedia terima saya magang weekend ga ya kira- kira? Ha ha.

 

Cepat sekali dua hari berlalu. Selesai sudah kelas saya di ABCD. Tak ketinggalan saya menyicip kopi di The Dealer. Nikmat. Susunya ganti dengan yang oat, cukup tambah goceng. Keren ah. Kalau kami sambil minum waktu belajar. Seseru itu ya.


The Dealer

 


The Dealer ini  cakep. Minimalis gitu. Secara keseluruhan suka dengan sekolah kopi yang teduh ini. Sepertinya kalau ada kesempatan main ke Jakarta lagi, pengin ambil kelas cupping-nya lagi. Free ya untuk alumni. Asal pas waktu itu sedang ada kelas, boleh- boleh saja gabung.

                                              

ABCD berlokasi di Menteng, tepatnya di Jalan RP Soeroso No. 22, Jakarta. Dulunya mereka berlokasi di Pasar Santa. Namun sekarang sudah pindah kemari. Ah ya, ngomongin soal Pasar Santa, ada keseruan sendiri juga saat main ke sana. Tunggu kisahnya ya.
Be First to Post Comment !
Post a Comment