Sebuah Jurnal

Subtitle Tidak Muncul Saat Mau Nonton?

Annyeonghaseyo !!

Sudah lama banget ya nggak update, secara tidak sempat plus bingung juga mau update apa. Mau review drama, sedang tidak mood. Dikarenakan belakangan ini saya lebih sering mengunduh drama secara online, saya jadi kepikiran untuk sharing soal masalah yang kadang muncul saat saya mau menonton hasil unduhan drama di televisi.

Sebagian besar teman- teman saya menonton drama lewat laptop atau gadget  yang lain. Tapi untuk saya yang menonton bareng Mama dan lebih nyaman kalau bisa nonton sambil tiduran *ketahuan malesnya*, menonton drama dari televisi menjadi pilihan yang paling pas. Tinggal copy file ke flashdisk lalu hubungkan ke receiver, maka drama siap ditonton.

Masalah muncul saat subtitle tidak keluar padahal saat saya putar di laptop, keluar terjemahannya. Bingung juga kan. Setelah saya utak- atik dan coba- coba, berhasil..hore !! *nyanyi ala Dora*

Oke, kembali ke topik. Jadi cara untuk memunculkan teksnya itu – menurut saya – cukup gampang.



Pertama- tama, ubah dulu format sub dari .srt menjadi .txt

Kemudian, buka file tadi. Sejauh yang saya lihat, sub tidak muncul karena pengaruh tanda minus yang ada di awal sub. Entah memang pengaruh minusnya atau sok- sok pintar saya saja ya. Ha ha..

Lalu, minusnya dibuang dan ganti jadi 0:00:01,092 (angka lain pun boleh asal detiknya jangan melebihi detik di sebelah kanan, nanti malah nggak keluar lagi)

Jangan lupa untuk mengganti kembali format .txt menjadi .srt

Sesederhana itu teman- teman ^^ Segitu saja sih hasil eksperimen saya. Ah ya, sekadar info lagi bagi teman- teman yang ingin menonton film atau drama hasil unduhan di TV tapi usb port di TV belum support jenis filenya (pengalaman juga sih, satu TV bisa keluar gambarnya tapi sub tidak keluar, satu lagi sama sekali tidak bisa dibuka), teman- teman bisa menggunakan media player tambahan. Kalau saya pakainya  Xtreamer Bien 2, dikasih sama adek sebelum berangkat ngekos.

Itu dia info singkat yang bisa saya share di postingan ini. Semoga bermanfaat ya. Kalau teringat lagi, akan saya bagikan lagi. He he.. Selamat mencoba dan selamat menonton :D
Be First to Post Comment !
Post a Comment